Jika AC Mobil Genio Bermasalah Part 1

image

Begini ceritanya..saat persiapan mudik lebaran 2013 kemaren si genie mendadak ac blas ga dingin.. duh padhal meh mudik jauh rutenya..( magelang – semarang – demak – semarang- ngawi – magelang) rute panas… langsung aja si genie di msuke bengkel ac rekomendasi bengkel mesin langganan, yupz.. langsung aj k tkp di bengkel A genie harus nginep, di tanya apa keluhanya soal ac, ane bilang ga dingin lagi.. soalnya seblumnya ga ada masalah d kompresor ato part lain. Setelah d cek si genie kena diagnosa pipa ac ada yg bocor kd harus d tmbal karna ke sorean jd kudu nginep ni mobil.
Selang sehari.. genie ak ambil.. “ac sudah ok” kata montir.. ak tebus 275 ribu.. di nota tertulis cek ac. Tmbal pipa. Isi freon. Selanjutnya mobil ak coba, tp kok beda banget rasanya, idle up ac bikin putaran mesin rendah banget..sampek cuman 500 an (normal idle ac genie (800-1000) rpm. Jadi saat ganti gigi pas kopling full d injek mobil mati. Tp Ac juga ga dingin2 amat di bandingkan sbelumnya. Tp kok kayaknya beban berat banget buat mesin.
Karna belum ketemu permaslahanya ak anter genie ke bngkel B langganan. Kata orang bengkel ” tinggal d gedein aj mas idle nya d trhotle body” bener aj rpm jadi naik ampk 1000 rpm saat ac nyala. Tp tetep aja klo ganti gigi mesin langsung mati karna turunnya putaran mesin dbawah 500. Montir bilang ” Biasanya mobil kluaran lama suka kayak gt mas trus bisa ilang klo dipasangi vakum”… what vakum iku opo mas ? Tanyaku.. pokoe biar mesin waktu ngangkat AC ga ngedrop tenaganya.. sekitar 300 rbuan.. aseeemm… pdahal sebelum AC d servis ga kayak gini..ngangkat ac fine2 aj mesinya.. kok baru sekarang kok letoy.. dengan terpaksa karna waktu mudik sudah mepet Vakum ga tak pasang..alamat mudik ber panas-panasan…to be continued

Leave a comment